Panduan Dasar Digital Marketing: Pengertian, Jenis & Konsepnya

Kali ini, Team Akizaku SEO akan membahas mengenai panduan dasar digital marketing untuk para pemula yang sedang bergabung di dunia teknologi marketing.

Apakah Anda pernah melihat suatu brand atau produk milik instansi swasta?

Atau mungkin Anda juga pernah melihatnya melalui website dan social media suatu perusahaan?

Contohnya, seperti:

  • Coca Cola,
  • Burger King,
  • McDonald,
  • OB Fit,
  • Aulia Fashion,
  • Samsung,
  • IPhone,
  • Xiaomi,
  • Daihatsu,
  • Mitsubishi.

Beberapa dari mereka, sedang melakukan tugas mulia, yaitu digital campaign atau kampanye secara online?

Pengertian

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Menurut Para Ahli

1. Menurut Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009)

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media.

Sebagai contoh yaitu blogwebsitee-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial.

2. Menurut Kleindl dan Burrow (2005)

Digital marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan distribusi.

Secara sederhana dapat diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen dan produsen.

3. Menurut Heidrick & Struggles (2009)

Digital marketing menggunakan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak digembar-gemborkan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh.

4. Menurut Sekawan Media

Digital marketing adalah pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan media dan teknologi berbasis online (digital) untuk menjangkau target pasar yang lebih luas.

Sehingga dengan pemanfaatan digital marketing.

Maka, hal tersebut mampu menambah cakupan target konsumen yang lebih besar daripada menggunakan metode pemasaran secara konvensional.

Jadi, pemasaran digital disini lebih mengarah pada proses perpaduan antara pengetahuan pasar dengan teknologi yang ada.

5. Menurut Niagahoster

Digital marketing adalah upaya pemasaran produk dengan menggunakan media digital dan jaringan internet. 

Banyak kelebihan digital marketing dibandingkan upaya pemasaran tradisional.

Kelebihan tersebut adalah kemudahan dalam menjangkau target pasar lebih luas, membutuhkan biaya yang lebih kecil dan menggunakan komunikasi dua arah dengan calon konsumen. 

Digital marketing penting untuk dilakukan karena beberapa alasan berikut:

  • Bisa digunakan semua jenis bisnis
  • Meningkatkan pendapatan dengan efektif
  • Mampu menjangkau target konsumen spesifik
  • Bisa digunakan apapun perangkat yang digunakan
  • Dapat membantu membangun brand bisnis Anda

Untuk dapat mencapai hasil penjualan produk yang optimal, pastikan memilih strategi digital marketing yang tepat.

6. Menurut Domainesia

Secara umum digital marketing adalah proses dimana seorang marketer, memasarkan melalui media-media digital.

Media digital yang umum adalah website, media sosial, e-mail, dan aplikasi mobile (aplikasi yang tersedia di perangkat telepon genggam, tablet, atau perangkat lainnya).

Tujuan digital marketing secara garis besar sama seperti marketing pada umumnya, yakni menyasar ranah awareness (pengetahuan calon customer pada produk atau jasa), ataupun ranah konversi dan peningkatan konversi (scale up).

Manfaat

Manfaat Digital Marketing yang Perlu Kamu Rasakan!

a.) Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas

Ketika setiap bisnis telah terkoneksi dengan jaringan internet.

Maka, secara otomatis, bisnis tersebut akan terhubung dengan relasi pengguna internet di seluruh dunia.

Jadi, dengan menerapkan marketing secara online dan masif.

Hal tersebut akan sangat membantu bisnis dalam mempromosikan dan memperkenalkan produk atau jasa kamu secara efektif dan efisien.

b.) Lebih Murah dan Efektif

Kamu tidak memerlukan sumber daya yang besar atau dapat dikatakan minim dari sisi modal.

Setiap orang dapat menjalankan bisnis dengan memanfaatkan internet tanpa menggunakan sumber daya yang besar. 

Namun, kamu juga perlu menerapkan beberapa metode khusus agar strategi bisnismu memang tepat sasaran dan sesuai dengan target konsumenmu.

c.) Kemudahan Evaluasi

Dengan menggunakan media online, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung kamu rasakan.

Contohnya Informasi yang dapat evaluasi setiap 1 tahun sekali, seperti:

  • Berapa lama produk Anda ditonton,
  • Berapa banyak orang yang melihat produk Anda,
  • Berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya.

Setelah mengetahui macam-macam informasi tersebut.

Langkah selanjutnya adalah kamu dapat melakukan perbaiki sisi kecacatan, yang mana iklan yang sisi baik dan jahat.

Sehingga kamu dapat memperbaiki untuk periode presiden berikutnya.

d.) Membangun Nama Brand

Digital marketing membantu Anda membangun nama brand dengan baik.

Eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand Anda sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk Anda.

Contohnya:

  • Lakukanlah riset kompetitor bisnismu, serta
  • Persaingan produk yang ditawarkan kompetitor dengan produkmu.

Sehingga, dapat meminimalisir atau menurunkan tingkat kegagalan bisnis atau usaha.

e.) Kecepatan Penyebaran

Strategi  pemasaran dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik.

Selain itu, DM juga dapat diukur secara realtime dan tepat.

f.) Fleksibilitas tanpa batas

Jika dibandingkan dengan aktivitas marketing yang lain, digital marketing adalah aktivitas marketing daring yang fleksibel!

Kamu dapat menjalankan kampanye iklan kamu dengan dana sesukamu dan kapan pun kamu mau.

Selain itu, Anda dapat mengganti konten dari iklan Anda secepatnya!

Hal ini pun memudahkan Anda untuk melakukan trial and error untuk mempelajari konten apakah yang paling sesuai untuk audiens yang Anda pilih.

g. Hubungan Nasabah yang Paling Intimate

Menjaga hubungan yang baik dengan konsumen merupakan hal yang paling penting dalam berbisnis.

Tamparan Pribadi

Karena konsumen yang loyal adalah aset perusahaan yang paling berharga. TITIK…~

Sayangnya, CRM (customer relationship management) merupakan hal yang sangat sulit dilakukan dan sangatlah mahal untuk sebagian perusahaan.

Dengan memiliki aset di dunia digital, seperti:

  • Platform Website, dan
  • Akun sosial media,

Kamu dapat melakukan interaksi selama 24/7 untuk menanggapi sales inquiry, komplain, atau pertanyaan apapun yang diberikan oleh konsumen Anda.

Ingat, customer feedback merupakan aset yang sangat mahal sekarang ini!

Meson Digital

Macam-macam Pemasaran Digital

1. Social Media Marketing

Social Media Marketing

Salah satu jenis ini merupakan bentuk promosi melalui situs jejaring sosial.

Terdapat, banyak sekali platform yang menyediakan fitur untuk melakukan promosi produkmu.

Salah satu contohnya adalah:

  • Facebook,
  • Twitter,
  • Instagram,
  • Tiktok,
  • LINE,
  • Pinterest,
  • Snapchat,
  • Youtube

Keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan media sosial sendiri adalah:

  • Kamu perlu tidak membutuhkan biaya sumber daya yang besar, serta
  • Dapat menjangkau calon penggunamu secara luas melalui channel yang kamu buat.

2. Video Marketing

Video Marketing

Kamu juga dapat menggunakan media berupa video untuk menampilkan informasi mengenai produk atau layanan kamu miliki.

Cara ini terbukti cukup efisien, saat banyak orang yang menghabiskan waktu untuk mengakses internet.

Salah satu channel untuk mempromosikan produk atau jasa anda adalah melalui Youtube.

Dimana, Anda dapat mengunggah berbagai konten video menarik terkait produk bisnis dan aktivitas usaha anda. 

3. Website

Platform Website

Platform website adalah salah satu media yang saat ini cukup populer sebagai tempat tinggal kedua kamu untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk atau jasa dari suatu merek-mu.

Dengan menggunakan website, sangat mampu untuk menjangkau target pengguna secara lebih luas dari seluruh penjuru dunia. 

Website juga dapat digunakan untuk sarana memperkenalkan profil sebuah perusahaan.

Keuntungan dari membuat website sendiri adalah biaya penanganan yang relatif murah tanpa mengeluarkan biaya serta promosi produk yang besar.

4. E-mail marketing

E-mail marketing

Jenis pemasaran daring yang keempat adalah pemasaran email.

Di mana kamu dapat mempromosikan berbagai konten terkait produk, atau informasi untuk disebarluaskan melalui media surel.

Strategi ini terbukti cukup efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada website kamu.

5. Aplikasi Mobile

Aplikasi Mobile

Aplikasi mobile menjadi salah satu channel yang cukup menjanjikan untuk dijadikan media pemasaran daring.

Karena dengan aplikasi mobile berarti kita sudah bisa “masuk” kedalam ranah privat yang dimiliki orang pada masa kini.

Melalui mobile, kita bisa memantau demografi dan bahkan perilaku seseorang ketika menginstallnya ke dalam perangkat mobile milik mereka.

Namun, untuk mengenalkan sebuah aplikasi mobile, kamu memerlukan beberapa hal yang perlu dicermati loh!

Hal ini karena pengguna perangkat mobile saat ini didominasi oleh pengguna Android dan iOS.

Dan untuk mendaftarkan aplikasi mobile pada Google Play Store ataupun Apple Store memerlukan strategi khusus.

Misalnya dengan cross channel marketing  dengan menggunakan website atau media sosial untuk memasarkannya.

Contohnya, seperti:

6. Search Engine Marketing

Search Engine Marketing

Jenis kedua yang banyak digunakan sekarang adalah search engine marketing.

Dimana, terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu SEO dan SEM.

Untuk SEO sendiri termasuk ke dalam pemasaran digital tanpa mengeluarkan sumber daya yang besar untuk membantu website-mu masuk pada halaman pertama di mesin pencari Google.

Sedangkan, SEM merupakan singkatan dari (Search Engine Marketing)…

…di mana tujuan yang digunakan sama dengan SEO.

Namun, biaya yang harus dikeluarkan juga cukup besar, tiruan seperti:

  • Ilmu terkait:
    • “Cara Menggunakan Google Adwords yang Baik dan Benar”
    • “Rencana Pemasaran Daring dengan Bantuan Google Ads”
      • Landing Page:
        • Produk,
        • Halaman utama (Homepage),
        • Konten:
          • Artikel,
          • Testimoni,
          • Video
    • “Rancangan Mengatur Biaya Pemasaran Online yang Baik dan Benar”

Karena SEM mengandalkan bantuan iklan untuk setiap klik yang dilakukan user untuk masuk pada website anda. 

Kesimpulan

Share Content

Demikian dari terkait dengan panduan dasar digital marketing di tahap awal bagi pemula.

Bahwa digital marketing adalah pemasaran yang dilakukan dengan bantuan sumber daya internet & media.

Tujuan utama dari pemasaran digital, yaitu:

Untuk mendapatkan customer lebih banyak daripada menggunakan metode pemasaran secara konvensional.

Apabila ada pertanyaan, silakan kirim di bawah ini ya!

Referensi (Resource):

  • Digital Marketing: Pengertian, Jenis, Strategi dan Manfaat. Sekawan Media | Software House & System Integrator Indonesia. Published December 2, 2020. Accessed June 12, 2021. https://www.sekawanmedia.co.id/belajar-digital-marketing/
  • Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing – Jurnal. Jurnal. Published 2020. Accessed June 12, 2021. https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/
  • Belajar Digital Marketing Terlengkap untuk Pemula (Terbaru). Niagahoster Blog. Published May 26, 2020. Accessed June 12, 2021. https://www.niagahoster.co.id/blog/belajar-digital-marketing/
  • Apa itu Digital Marketing, & Cara Pemasaran Dengan Digital Marketing – DomaiNesia. DomaiNesia. Published 2019. Accessed June 12, 2021. https://www.domainesia.com/berita/digital-marketing-adalah-pemasaran-masa-kini/
  • Yeremia Anugerah. Inilah 6 Alasan Pentingnya Menjalankan Digital Marketing Campaign. Meson | Digital Marketing Agency Jakarta. Published May 27, 2018. Accessed June 12, 2021. https://meson-digital.com/blog/digital-marketing/alasan-menjalankan-kampanye-digital-marketing/